[RPP] Matematika : Lingkaran

Judul Makalah : Matematika : Lingkaran
Bidang Studi : Matematika
Penyusun : NA
Penjelasan Makalah :

A. Kompetensi Inti

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar

Pertemuan Kompetensi Dasar
1 - 2 KD RANAH PENGETAHUAN
3.19. Mendeskripsikan konsep dan kurva lingkaran dengan titik pusat tertentu dan menurunkan persamaan umum lingkaran dengan metode koordinat.

KD RANAH KETERAMPILAN
4.13. Mengolah informasidarisuatu masalah nyata, mengidentifikasi sebuah titik sebagai pusat lingkaran yang melalui suatu titik tertentu, membuatmodel matematika berupa persamaan lingkaran dan menyelesaikan masalah tersebut.
KDRANAH SIKAP
2.1. Memilikimotivasiinternal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalammemilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu mentransformasidiri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggungjawab, rasa ingin tahu,
jujurdan perilakupedulilingkungan.

C. Indikator Pencapaian pembelajaran

I. Jam Pertama
1. Menjelaskan bentuk-bentuk lingkaran yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menjelaskan pengertian lingkaran pusat O(0,0) dan jari-jari r dalam grafik bidang cartesius.
3. Menjelaskan pengertian lingkaran pusat P(a,b) dan jari-jari r dalam grafik bidang cartesius.


II. Jam Kedua
1. Mendiskusikan dalam kelompok ahli 1 mempelajari buku siswa hal 78 masalah 9.2. kelompok ahli 2 mempelajari buku siswa hal 79 masalah 9.3., kelompok ahli 3 mempelajari buku siswa hal 78 masalah 9.2. , kelompok ahli 4 mempelajari buku siswa hal 79 masalah 9.3. , kelompok ahli 5 mempelajari buku siswa hal 78 masalah 9.2. , dst.
2. Menentukan persaman umum lingkaran pusat O(0,0) dan jari-jari r dalam bidang cartesius.
3. Menentukan persaman umum lingkaran pusat P(a,b) dan jari-jari r dalam bidang cartesius.

III. Jam Ketiga
1. Diskusi kelompok membahas tugas LKS (terlampir)
2. Mendiskripsikan dalam laporan tertulis bentuk powerpoint/chart.

IV. Jam Keempat
1. Mempresentasi hasil diskusi kelompok , setiap kelompok mempresentasikan hasilnya.
2. Menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajarannya.

SILAHKAN DOWNLOAD MAKALAH DISINI
KLIK 2X link download agar link download tidak error/404.

The Latest Article :