[Makalah] Transportasi Pedesaan

Judul Makalah : Transportasi Pedesaan
Bidang Studi : Ekonomi
Penyusun : NA
Penjelasan Makalah :
Pada awal krisis ekonomi akibat perubahan politik di Indonesia tahun 1997, tingkat kemiskinan telah berkurang dari 60 juta di tahun 1970 menjadi 22,5 juta di tahun 1996. Krisis di tahun 1997 telah menyebabkan dampak yang sangat parah bagi usaha untuk pengentasan kemiskinan dan hal ini menyebabkan tingkat kemiskinan meningkat sampai 47,9 juta dari 250 juta penduduk Indonesia, yang sebagian besar hidup di kota besar. Meskipun banyak organisasi dan institusi yang memperdebatkan tingkat absolut kemiskinan, dampak dari krisis telah memaksa pemerintah untuk mengakji kebijakan-kebijakan pembangunan yang ada. Krisis telah memberi pelajaran yang mahal bagi pemerintah bahwa jarring pengaman sosial dari ekonomi Indonesia adalah kemampuan utnuk memperkuat pembangunan perdesaan.

Paradigma pembangunan dahulu telah menempatkan peran perdesaan/masyarakat perdesaan sebagai agen di perbatasan, yang mempunyai tugas mentyediakan dan menstabilkan bahan mentah dan bahan pangan. Peningkatan produktivitas, keanekaragaman produk melalui pemberdayaan masyarakat perdesaan dan peningkatan pendapatan selama ini bukanlah merupakan fokus pada pembangunan perdesaan. Daerah perdesaa telah terbukti bertahan terhadap krisis ekonomi dan hal ini akan berlanjut di masa pembangunan Indonesia yang akan datang.

Pada program ekonomi saat ini, infrastruktur perdesaan talah menjadi salah satu prioritas untuk memperkuat ekonomi Indonesia. Tujuan utama adalah untuk memberi peluang bagi kemampuan daerah dan perdesaan sebagai tulang punggung ekonomi regional dan nasional.
SILAHKAN DOWNLOAD MAKALAH DISINI
KLIK 2X link download agar link download tidak error/404.

The Latest Article :