Sistematika/ Susunan Penulisan Makalah


Makalah ditulis berdasarkan susunan outline makalah berikut ini :

Bagian Pertama: - Judul Makalah: 

  1. Judul Makalah: Judul makalah harus ditulis dengan susunan kalimat secara ringkas dan jelas, serta mencerminkan isi makalah yang ditulis dengan baik.
  2. Penulis : Nama penulis ditulis di bawah judulmakalah secara lengkap, dan di bawah nama penulis dituliskan status dan alamat penulis yang merupakan status penulis dalam suatu institusi dan alamat institusi, misal : alamat universitas.
  3. Abstrak: Abstrak berisi ringkasan makalah yang akan ditulis yang terdiri dari 3 bagian utama yaitu : pendahuluan (latar belakanGdan tujuan makalah), metodologi (cara dan metode yang digunakan untuk mendapatkan data, kajian literatur atau analisis suatu fenomena, yang mendasari isi dan pembahasan yang sampaikan dalam makalah) dan hasil (komentar umum dari suatu hasil atau kesimpulan dari sebuah review). Abstrak ditulis maksimal dalam 250 kata.

Bagian Kedua: PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang: Dalam bagian ini dituliskan latar belakang yang mendasari pemasalahan atau fenomena yang diangkat sebagai topik dan judul penulisan. Latar belakang ini bisa berupa pernyataan yang berisi " kenapa " masalah ini diangkat dan " apa " menjadi landasan makalah ini ditulis.
  2. Tujuan : Bagian ini berisi tujuan dari ditulisnya makalah ini atau studi/penelitian yang dilakukan yang mendasari ditulisnya makalah ini.Tujuan diturunkan dari signifikasi permasalahan yang akan diselesaikan melalui studi yang dilakukan. Pernyataan tujuan sebaiknya ditulis dalam kata kerja yang terukur, minimal pernyataan yang dapat dituangkan dalam konsep yang jelas, dan dituliskan dengan kalimat-kalimat yang padat dan terarah.

Bagian Ketiga: TINJAUAN LITERATUR atau STUDI PUSTAKA dan LANDASAN TEORI

Tinjauan Literaturatau Studi Pustaka: (1). Bagian ini berisi rangkuman dari studi atau penelitian atau bentuk-bentuk kajian yang telah dilakukanoleh peneliti atau penulis sebelumnya yang terkait dengan judul/topik makalah, atau (2). Bagian ini dapat juga Landasan Teori yang berupa rangkuman teori-teoriyang digunakan untuk mendasari studi yang dilakukan yang dituliskan dalam makalah.

Bagian Keempat: METODOLOGI PENELITIAN

Dalam bagian ini, metodologi penelitian hanya digunakan untuk makalah yang berisi kajian studi atau presentasi hasil penelitian yang memerlukan penjelasan yang terperinci mengenai langkah-langkah kerja, cara pengambilan data, cara analisis, metode penafsiran dan presentasi hasil yang diharapkan tertuang secara lengkap dalam naskah atau makalah publikasi. Jika makalah disajikan dalam bentuk kerangka ide dan rangkuman kajian literatur saja maka bagian ini dapat diabaikan dengan menggantikan bagian ini menjadi Konsep Ideatau Kerangka Berfikirdari makalah yang disajikan.

Bagian Kelima: HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Dalam bagian ini, dijelaskan secara rinci hasil-hasil kajian yang diperoleh atau hasilhasil studi yang didapatkan. Konsep penulisanbagian ini adalah berurutan sesuai dengan tahapan-tahapan yang digunakan dalam pencapaian tujuan penelitian atau studi. Untuk makalah dalam bentuk kajian literatur, maka hasil penelitian dan pembahasan merupakan hasil kajian literatur yang disajikan atauidea yang diusulkan atau pokok penulisan dari suatu makalah yang disampaikan.

Bagian Keenam: KESIMPULANatau PENUTUP

Pada bagian ini, penulis menyatakan suatu pernyataan singkap dan lugas, mengenai isi makalah yang ditulisnya. Pernyataan dapat berupa jawaban dari permasalahan yang melatarbelakangi makalah ini yang tertuang dalam bagian tujuan, yang selanjutnya disebut sebagai Kesimpulan. Jika pernyataan yang disampaikan bersifat umum maka bagian ini lebih sesuai disebut sebagai Penutup.

Bagian Ketujuh: DAFTAR PUSTAKA

Pada bagian ini, dituliskan buku teks, jurnal, artikel, koran, halaman web site, makalah seminar atau konferensi yang menjadi rujukan dalam penulisan makalah ini. Setiap referensi yang digunakan harus dituliskan secara jelas, nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku/makalah, nama penerbit dan tempat penerbitan (kota dan negara).Makalah minimal disusun dari sumber pustaka berupa 2 buah buku teks dan 2 makalah jurnal atau proseding mengenai prasarana transportasi jalan rel.
KLIK 2X link download agar link download tidak error/404.

The Latest Article :