Makalah Tentang Norma Sosial, Nilai Sosial, Dan Proses Sosial

Makalah ini Membahas tentang Norma Sosial, Nilai Sosial, Dan Proses Sosial, anda bisa mendownload contoh makalah ini lengkap dengan contoh makalah termasuk cover makalah, kata pengantar, daftar isi, Pembahasan makalah, penutup, dan saran.
Judul : Norma Sosial, Nilai Sosial, Dan Proses Sosial
Bidang Studi : Sosiologi
Penyusun Makalah:

Pembahasan :

Sistem merupakan bagian atau unsur yang saling berhubungan secara teratur untuk mencapai tujuan bersama. Norma adalah aturan aturan atau pedoman sosial yang khusus mengenai tingkah laku, sikap dan perbuatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh di lakukan dilingkungan kehidupannya. Sehingga yang dimaksud sistem norma adalah suatu struktur norma yang tersusun dari fungsi norma yang saling berhubungan satu sama lain yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang di inginkan secara efektif dan efisien.

Sistem norma dapat mempengaruhi sistem fakta, yaitu sistem yang tersusun atas segala apa yang di dalam kenyataan ada. Wujud dan bentuk pelilaku cultural yang ada di alam ditentukan oleh pola-pola cultural yang telah diketahui di dalam mental sebagai keharusan-keharusan yang harus dikerjakan. Dengan jalan mengharuskan membebankan norma-norma tersebut maka dapat diwujudkan suatu aktivitas bersama yang tertib kea rah pemenuhan hidup bermasyarakat. Dalam kehidupan masyarakat tidak hanya berwujud suatu jumlah perilaku dan hubungan antarmanusia di alam kenyataan saja, melainkan sekaligus juga berwujud suatu system determinan yang disebut sistem norma. Apabila sistem nilai tidak ada maka masyarakat juga tidak aka ada.

Masyarakat bukanlan bio-sosial yang mampu berwujud dan berfungsi atas dasar potensi biologis. Potensi biologis tersebut tidak akan mampu merespon manusia dalam mewujudkan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Pada kenyataannya manusia telah menggantungkan seluruh kemampuan hidup sosialnya kepada kecakapan bereaksi dan merespon yang diperolehnya melalui suatu proses-proses belajar. Apa yang dipelajari manusia tidak lain adalah sistem dan tertib normative. Pemahaman dan penghayatan system normative tersebutlah yang memungkinkan manusia dalan menjaga kelangsungan eksistensi bermasyarakat.
Terimaksih telah mengunjungi blog kami, anda bisa mendownload contoh makalah lengkap lainnya, dan juga contoh paper, jurnal internasional, kumpulan artikel, proposal, dll.
KLIK 2X link download agar link download tidak error/404.

The Latest Article :